Contoh Proposal Pengajuan Subsidi Dalam Kegiatan KKG - Galeri Guru

17.15
Galeri Guru : Berikut ini akan saya bagikan berupa file contoh proposal, Dari contoh proposal yang saya bagikan ini agar bapak/ibu yang mengurus KKG mudah dalam mengerjakannya. Proposal ini tujuannya untuk di ajukan memperoleh subsidi dari pemerintah. Dengan proposal ini sudah dilengkapi dengan contoh-contoh lampiran apa saja yang harus dibuat untuk melengkapi bahan laporan tersebut.

A. Latar Belakang
Di terapkannya peraturan Menteri Negara Pendayaan Aparat Negara dan Reformasi Birokrasi No :16 tahun 2009, sejak 1 Januari 2013 merupakan tantangan bagi guru dalam meningkatkan profesionalisme tugas maupun mutu kinerjanya. Program ini berfokuskan pada nilai tambah reformasi guru yang digagas pemerintah dengan memperkuat hubungan antara proses sertifikasi dan pemberian tunjangan profesi untuk mempercepat peningkatan mutu pembelajaran siswa.

Secara umum kondisi pendidikan di Kecamatan serang baru Kabupaten Bekasi masih perlu pembenahan. Mulai dari kualitas pendidikan dengan indikator nilai rata-rata kelulusan pendidikan di kota ataupun di desa, serta peran serta masyarakat akan pentingnya pendidikan juga masih sangat minim.

Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidikan dilaksanakan oleh Dinsa Pendidikan dilakukan secara simultan terhadap berbagai pihak yang berkempentingan secara langsung, yaitu pengawas, kepala sekolah dan guru. Peningkatan mutu pada komponen-komponen tersebut ada ujungnya berimplikasi terhadap peningkatan kualitas lulusan siswa dan mutu pendidik sebagai outputnya. Pada tataran implementasinya kegiatan-kegiatan peningkatan mutu tersebut haruslah memenuhi standar-standar mutu yang telah di tetapkan.

Mengingat pula hasil Kompetensi Guru (UKG) yang telah dilaksanakan pada tahun 2015 guru di indonesia masih banyak yang berada dibawah kriteria minimal yang ditetapkan pemerintah yaitu nillai 55. Salah satu upaya peningkatan kualitas pendidikan adalah melalui forum kegiatan Kolekitf Guru (KKG).

Dengan Kegiatan Kolektif Guru adalah kegiatan guru dalam mengikuti pertemuan ilmiah atau kengikuti kegiatan bersama yang dilakukan guru baik di sekolah maupun di luar sekolah dan bertujuan untuk meningkatkan keprofesian guru yang bersangkutan

Salah satu bentuk dari kegiatan kolektif guru adalah keikutsertaaan dalam bentuk kelompok Kerja Guru (KKG). KKG merupakan kegiatan wajib semua guru pada setiap jenjang jabatan sebagaimana telah diatur dalam rambu-rambu penyelenggaraan KKG/MGMP. Dalam satu tahunm guru diwajibkan mengikuti kegiatan KKG/MGMP paling sedikit 12 kali pertemuan (dapat berarti dalam setiap bulan ada 1 kali pertemuan) dalam bentuk paket kegiatan. Setiap 1 paket kegiatan paling sedikit memerlukan 3x pertemuan.

Untuk itulah dibutuhkan suatu perencanaan program kegiatan yang sistematis, terstruktural dan terukur sebagai pedoman dari kegiatan dalam 1 tahun. Profil kegiatan yang kolektif guru ini disusun sebagai gambaran bahwa komitmen peningkatan mutu guru selalu dilaksanakan secara berkesinambungan, dengan memegang prinsip yang efektif, urgensi dan kebutuhan guru-guru peserta KKG meliputi kompetenso pedagogik, kompetensi keperibadian, kompetensi sosial dan kompetensi propesional.

Tujuan
Dari tujuan Utama dari kegiatan Kelompok Kerja Guru adalah pengembangan diri guru melalui kegiatan kolektif dalam upaya peningkatan kinerja sehingga berdampak pada peningkatan mutu pendidikan melalui kegiatan pembelajaran di masing-masing satuan pendidikan

Tujuan secara Khusus dari kegiatan KKG ini antara Lain :

  • Memfasilitasu guru untuk mencapai standar kompetensi profesi yang telah di tentukan
  • Memfasilitasi guru untuk terus memutahirkan kompetensi yang mereka miliki sekarang dengan apa yang menjadi tuntunan ke depan berkaitan dengan profesinya
  • Memotifasi guru-guru untuk memiliki komitmen melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga profesional
  • Mengangkat citra, harkat dan martabat profesi guru, rasa hormat dan kebanggaan terhadap profesi pendidik
  • Memperoleh angka kredit dalam kegiatan ini untuk supaya guru dapat naik pangkat dalam waktu minimal yang telah di tetapkan.
  • Mempersiapkan guru yang memiliki kemampuan mengelola pembelajaran dengan efektif dari merencanakan, melaksanakan, membimbing, menilai, mengevaluasi sampai dengan memberikan tindak lanjut.
  • Mengembangkan karakter dan kemauan guru yang kuat terhadap pentingnya peningkatan mutu guru, kineja dan kualitas profesi menjadi yang inspiratif, inovatif dan mampu memotifasi peserta didik menuju generasi emas
Sasaran Kegiatan
Untuk bagian sasaran kegiatan kolektif guru melalui KKG ini antara lain :

1. Guru
Hal ini merupakan bagian utam karena guru adalah pelaksana, praktisi pembelajaran yang pertama kali harus memiliki komitmen kuat terhadap terlakanaanya perubahan positif yang dimulai dari diri sendiri menuju peserta didik. Menjadi guru yang layak diteladani, dinanti, dan penih inspirasi merupakan sasaran yang harus diwujudkan melalui kegiatan kolektif guru. Termasuk dalam hal ini kemampuan guru dalam menyusun perangkat penilaian meliputi penilaian berbasis kelas maupun pelaksanaan ujian sekolah.

2. Peserta didik
Peserta didik merupakan bagian yang tidak kalah pentingnya dengan guru. Kedua unsur ini antara guru dan peserta didik adalah komponen yang sangat terkait dalam kelas. Dengan format kegiatan yang inspiratif dan inovatif bagi guru akan berimplikasi bagi peningkatan mutu peserta didik.

3. Pemegang Kebijakan
Untuk pemegang kebijakan ini meliputi kepala sekolah, pengawas, maupun Dinas pendidikan. Keberhasilan guru dan peserta didik tidak terlepas dari manajemen pemegang kebijakan.

D. Hasil Yang Di Harapkan
Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini sebagai berikut :

1. Bagi Guru

  • Terbentuknya guru yang memiliki semangat juang tinggi untuk meningkatkan kemampuan profesionalitasnya 
  • Terbentuknya karakter atau keperibadian yang kuat bagi guru sehingga mampu menjadi figur yang layak di teladani, inspiratif dan mampu menjadi motivator positif
  • Makin tumbuhnya kesadaran guru untuk melaksanakan perubahan positif yang dimulai dari diri sendiri menuju peserta didik
  • Terwujudnya guru yang memiliki kemampuan untuk merencakakan, melaksanakan membimbing, mengevaluasi dan memberikan tindak lanjut dalam pembelajaran
2. Bagi Peserta didik
  • Peserta didik menjadi lebih terlatih untuk berfikir kritis, inovatif, dan visioner terhadap cita-citanya
  • Kualitas pendidikan dapat meningkat melalui indikator rata-rata nilai ujian peserta didik
  • Kesadaran belajar peserta didik dapat tumbuh menjadi motivasi positif guna meraih cita-cita yang diharapkam
  • Terbangunnya sikap sadar akan belajar
3. Bagi pemegang kebijakan
  • Terprogramnya kebijakan pemerintah yang bermuara pada peningkatan kulitas guru maupun peserta didik
  • Terfasilitasinya berbagai kegiatan kolektif guru
  • Makin tumbuhnya kepercayaan guru terhadap kebijakan peningkatan mutu pendidikan.
Contoh Tabel Sasaran Peserta Kegiatan Kolektif Guru
NO
NAMA SEKOLAH
JUMLAH
ROMBEL
JUMLAH GURU
STATUS
PNS
HONORER
1
SD Negeri ......
6
6
6
-
2
SD Negeri .......
6
6
5
1
3
SD Negeri .....
6
6
4
2
4
SD Negeri ......
6
6
4
2
5
SD Negeri 2.....
6
6
4
2
6
SD Negeri ......
6
6
4
2
7
SD Negeri ......
5
5
3
2
8
SD Negeri .....
6
6
5
1
9
SD Negeri ....
6
6
4
2
10
SD Negeri .....
6
6
5
1
11
SD Negeri .....
6
6
4
2
Jumlah
65
65
48
17

Contoh Tabel Materi Kegiatan Kolektif Guru
No
Materi
Jumlah
Pertemuan
Jml
Paket
Penyaji
Ket
1
2
3
4
5
6
Silabus dan RPP
Media Pembelajaran  
Penilaian Pembelajaran
Pembelajaran PAKEM
PKG
PKB
3
3
3
3
3
3
1
1
    1
1
1
1
Pengawas TK/SD
Instruktur
Guru Pemandu
Instruktur
Pengawas TK/SD
Instruktur
JUMLAH
18
6

Untuk mendownload file Contoh Proposal Pengajuan Subsidi Dalam Kegiatan KKG - Galeri Guru, silahkan sudah kami sediakan dibawah ini : 

Contoh Proposal Pengajuan Subsidi Dalam Kegiatan KKG - Galeri Guru


Demikianlah yang dapat saya informasikan serta membagikan Contoh Proposal Pengajuan Subsidi Dalam Kegiatan KKG, semoga bermanfaat untuk bapak/ibu sekalian dimanapun berada.
loading...
Previous
Next Post »
0 Komentar