Model Pembelajaran Sastra Daerah Bahasa Sunda SD Tahun 2016

14.20
Model Pembelajaran Sastra Daerah Bahasa Sunda 
SD Tahun 2016
Model Pembelajaran Sastra Daerah Bahasa Sunda SD Tahun 2016
Add caption
Istilah Sunda kemungkinan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu sunda atau sunda yang artinya adalah bersinar, terang, atau putih. Dalam bahasa Jawa kuno (Kawi) dan bahasa Bali dikenal juga istilah Sunda dalam pengertian yang sama yaitu bersih, suci, murni, tak bercela/bernoda, air, tumpukan, pangkat, dan waspada.

Dalam perkembangannya, istilah Sunda digunakan juga dalam konotasi manusia atau sekelompok manusia, yaitu dengan sebutan urang Sunda (orang Sunda). Di dalam definisi tersebut tercakup kriteria berdasarkan keturunan (hubungan darah) dan berdasarkan sosial budaya sekaligus.

Menurut kriteria pertama, seseorang bisa disebut orang Sunda, jika orang tuanya, baik dari pihak ayah maupun dari pihak ibu ataupun keduanya, orang Sunda, di mana pun ia atau mereka berada dan dibesarkan.
Menurut kriteria kedua, orang Sunda adalah orang yang dibesarkan dalam lingkungan sosial budaya Sunda dan dalam hidupnya mempergunakan norma-norma dan nilai-nilai budaya Sunda. Dalam hal ini tempat tinggal, kehidupan sosial budaya dan sikap orangnya yang dianggap penting.

Dalam konteks ini, istilah Sunda, juga dikaitkan secara erat dengan pengertian kebudayaan. Bahwa ada yang dinamakan Kebudayaan Sunda, yaitu kebudayaan yang hidup, tumbuh, dan berkembang di kalangan orang Sunda yang pada umumnya berdomosili di Tanah Sunda. Dalam tata kehidupan sosial budaya Indonesia digolongkan ke dalam kebudayaan daerah. Di samping memiliki persamaan-persamaan dengan kebudayaan daerah lain di Indonesia, kebudayaan Sunda memiliki ciri-ciri khas tersendiri yang membedakannya terhadap kebudayaan-kebudayaan lain.

Setelah menganalisis dari semua pengertian tentang kebudayaan, yang mana semuanya itu berprinsip sama yakni mengakui adanya ciptaan manusia, meliputi perilaku dan hasil kelakuan manusia, yang diatur oleh ketakelakuan yang diperoleh dengan belajar yang semuanya tersusun dalam kehidupan masyarakat. Bahkan sering kita dengar bahwa kata budaya itu tidak terlepas dengan kata cipta karsa dan rasa.

Secara antropologi budaya dapat dikatakan, bahwa yag disebut suku sunda ialah orang_orang yang secara turun temurun menggunakan bahasa ibu bahasa sunda serta dialeknya dalam kehidupan sehari_hari, dan berasal serta bertempat tinggal di daerah jawa barat, daerah yang sering disebut tanah Pasundan atau Tatar Sunda. Dalam hubungannya dengan kehalusan bahasa sering dikemukakan, bahwa bahasa Sunda yang murni dan yang halus ada didaerah Priangan, seperti di daerah kabupaten Ciamis, Tasik Malaya, Garut, Bandung, Sumedang, Sukabumi dan Cianjur. Sedangkan bahasa Sunda yang dianggap agak kurang halus adalAh bahasa Sunda di dekat pantai utara, misalnya di daerah Banten, Krawang, Bogor dan Cirebon.

Download Button 
 Silahkan di unduh untuk lebih jelasnya pada halaman link berikut ini : Download

loading...
Previous
Next Post »
0 Komentar