Macam-macam Layanan Konseling Guru BK

13.32
Macam-macam Layanan Konseling Guru BK - Layanan Bimbingan konseling merupakan salah satu kegiatan rutin yang bisa dilakukan oleh seroang konselor. Namun untuk pemula yang baru saja terjut kedalam dunia bidang konseling alangkah baiknya bila mengetahui macam-macam bimbingan konseling (BK) agar setiap pelaksnaaan kegiatan bimbingan dapat dengan mudah diatasi.

Macam-macam Layanan Konseling Guru BK

Dan di kesempatan ini kami akan berbagi informasi yang sangat bermanfaat bagi guru Bimbingan Konseling (BK), walapun di luaran sana sudah banyak yang membahas tentang macam-macam layanan konseling guru BK ( Bimbingan Konseling ), akan tetapi tidak ada salahnya kami akan membahas layanan konseling guru BK secara sederhana sebagai bentuk berbagi wawasan dan informasi di dunia pendidikan

Berikut ini kami memberikan membahasan layanan konseling guru BK yang patut diketahui;
  • Layanan Orientasi <<>> Adapun untuk layanan orientasi adalah salah satu layanan konseling yang memungkinkan kline memahami lingkungan yang baru dimasukinya untuk mempermudah dan memerlancar berperannya klien dalam lingkungan yang baru.
  • Layanan Informasi <<>> Layanan informasi ini merupakan layanan untuk memungkinkan klien menerima dan memahami berbagai informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan untuk kepentingan klien.
  • Layanan Penempatan dan penyaluran <<>> Layanan penempatan dan penyaluran adalah layanan konseling yang memungkinkan klien dapat memperoleh penempatan dan penyaluran yang sesuai dengan bakat dan kemampuan masing-masing.
  • Layanan Konseling Individual <<>> Layanan konseling individual merupakan suaty proses melalui hubungan khusus secara pribadi dalam wawancara antara seorang konselor dengan seorang konseli atau klien mengalami kesukaran pribadi yang tidak dapat dipecahkan sendiri. Kemudian ia meminta bantuan koselor sebagai petugas yang profesional dalam jabatannya dengan pengetahuan dan ketermpilan psikologi. Konseling ditujukan pada individu yang normal, yang menghadapi kesukarab dalam memahami masalah pendidikan. Pekerjaan dan sosial dimana ia tidak dapat memilih dan memutuskan sendiri. Jadi dapat kita simpulkan bahwa konseling hanya ditujukan pada individu-individu yag sudah menyadari kehidupan pribadinya.
  • Layanan  Penguasaan konten <<>> Layanan konten ini adalah suatu layanan konseling yang memungkinkan klien dapat mengembangkan diri berkenaan dengan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, materi pelajaran yang cocok dengan kecepatan dan kesulitan belajarnnya. Serta berbagai aspek tujuan dan kegiatan belajara lainnya.
  • Layanan Bimbingan kelompok <<>> Untuk layanan Bimbingan kelompok kita dapat menggunakan strategi dalam melaksanaakan program BK adalah konseling kelompok. Konseling kelompok ini merupakan upaya bantuana kepada perserta didik dalam rangka memberikan kemudahan dalam perkembangan dan pertumbuhannya. Selain bersifat pencegahan, konseling kelompok dapat pula bersifat penyembuhan.
  • Layanan Mediasi <<>> Untuk layanan mediasi ini adalah layanan konseling yang memungkinkan permasalahan atau perselisihan yang dialami klien dengan pihak lain dapat terentaskan dengan konselor sebagai mediator
  • Layanan Konsultasi <<>> Untuk layana konseling yang terakhir adalah layanan konsultasi, adalah progarma beka sebagai salah satu proses penyediaan bantuan teknis untuk konselor, orang tua, administraator dan konselor lainnya dalam  mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang membatasi efektifitas peserta didik atau sekolah. Konseling atau Psikoterapi sebab konsultasi tidak merupakan yang layanan langsung ditunjukan kepada klien, tetapi secara tidak langsung melayani kline melalui bantuan yang diberikan orang lain.
Demikianlah informasi singkat yang dapat kami berikan terkait dengan  Macam-macam Layanan Konseling Guru BK yang merupakan salah satu program Bimbingan Konseling (BK) bagi guru ataupun di sekolah. Terimkasih atas kunjungannya semoga bermanfaat.

Sumber ; berkassekolah.com

loading...
Previous
Next Post »
0 Komentar