5 Dasar Belajar Komputer Atau Lapotp Untuk Pemula

12.29
5 Dasar Belajar Komputer Atau Lapotp Untuk Pemula-Pada sekarag ini suatu kebutuhan akan komputer atau laptop menjadi suatu keharusan bagi seseorang yang bekerja di lingkungan pendidikan, baik itu di lingkungan sekolah, lingkungan diknas sosial ataupun di tempat-tempat yang memang saat ini komputer dan laptop menjadi teman untuk berkerja. Akan tetapi tak dapat di pungkiri bahwa di sekian banyak diantara kita tidak semua apa yang kita bayangkan untuk menggunakan fasilitas seperti komputer atau laptop sebagai alat penunjnag kerja.

5 Dasar Belajar Komputer Atau Lapotp Untuk Pemula - Galeri Guru
5 Dasar Belajar Komputer Atau Lapotp Untuk Pemula
Sehingga belajar komputer bisa dibilang sebagai pembelajaran utama yang harus kita kuasi sebelum kita memutuskan untuk mempelajari tentang komputer dalam tingkat lebih jauh lagi. Namun, tak jarang kita dibuat bingung sendiri ketika kita ingin belajar komputer, masalahnya jarang sekali ada suatu web, blog yang mau membahas tentang cara belajar komputer bagi seorang pemu;a atau tingkat dasar sampai mahir. Meskipun ada atau kita menemukan informasi bacaan dari web blog biasanya mematok harga tertentu atau dengan kata lain mereka tidak membagika suatu ilmu tersebut secara gratis, sehingga memungkinkan kita harus mengikuti kursus komputer.

Atas dasar itulah, kami disini akan mencoba untuk membagikan apa yang kami ketahui walapun sebenarnya sudah banyak teknik belajar komputer yang sudah dibahas oleh para pakar komputer baik secara online ataupun offline (Melalui seminar, kursus komputer dan juga di sekolah-sekolah), Akan tetapi tida ada salahnya kami melalui artikel ini sekedar menambah pengetahuan dan wawasan mengenai komputer melalui belajar dasar komputer yang baik serta menyenangkan.

Belajar dasar komputer atau laptop untuk pemula merupakan tujuan utama pembuatan artikel kami saat ini,, karena kami akan memberikan panduan sebagai pengguna komputer atau laptop untuk kita yang masih awam (pemula). Sebelum kita benar-benar cacara bertahap belajar tentang komputer untuk lebih jauh lagi seperti belajar tentang hadware komputer, Software komputer, cara merakit komputer dan tentunya masih banyak ilmu-ilmu komputer lainnya.

Namun, jika kita baru mengenal pertama kali menggunakan komputer, pasti kita akan mersa asing dengan peralatan komputer yang kita punya, itu merupakan hal sudah bisa, seiring berjalannya waktu. maka kita akan terbisa menggunakannya. Dan dibawah ini adalah langkah-langkah daar yang harus diperhatikan ketika kita akan menggunakan komputer pribadi, tetapi tetap nyaman dan juga menyenangkan.

1. Gunakan Komputer Kita sendiri.
Dengan menggunakan komputer kita sendiri proses belajar komputer akan jauh lebih mudah dan menyenangkan, karena dengan memakai komputer miliki pribadi, kita akan lebih konsentrasi dalan belajar dan tidak dikejar-kejar oleh waktu. Dan tentunya kita kan dengan sesuka hati untuk menentukan jadwal belajar komputer. Bayangkan jika kita menggunakan komputer orang lain (mliki orang lain), yang pastinya akan tidak akan sebebas seperti kita menggunakan komputer sendiri. Dan akan menimbulkan perasaan takut rusak dan lamanya waktu belajar tidak cukup itu semua akan mengehantui diri kita sendiri.

2. Mengetahui Dasar dari Komputer
5 Dasar Belajar Komputer Atau Lapotp Untuk Pemula
5 Dasar Belajar Komputer Atau Lapotp Untuk Pemula
Sebelum kita belajar komputer lebih jauh, kita harus mengetahui bahwa PC atau laptop sangat berguna bagi kehidupan kita. Karena komputer atau laptop dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer yang lainnya atau penggunaan khusus seperti dalam bidang kedokteran atau dalam bidang sains. Sesuatu ada pasti dengan dasar atau ponasi untuk menbangunnya. Sama dengan komputer, bahwa komputer juga memiliki pondasi untuk membangunnya, yaitu ponasi atau elemen dasar pada sebuah komputer ada tiga macam dasar Yakni Hadware, software, Brainware. Hardware di sebut dengan perangkat keras komputer, yaitu komponen atau bagian pada komputer yang dapat dilihat dan di sentuh secara fisik antara lain Monitor, moyse keyboard dan print. Sedangkan untuk software adalah perangkat lunak komputer dimana semua sistem operasi dan aplikasi program pada komputer dan tidak dapat disentuh secara fisik oleh kita. Adapun yang dimaksud dengan software yang tidak dapat kita sentuh yaitu seperti sistem Oprasi windows, Linux, Microsoft Office dan anti virus Microsoft excel dan masih banyak yang lainnya. Dan yang terakhir yang di maksud dengan brainware adalah sebuah user yang menggunakan komputer tersebut.

3. Ketekunan Serta Kesabaran Dalam Belajar Komputer
Dari poin ke tiga ini siapapun diri kita yang mau atau akan belajar komputer harus memiliki sipat ini yaitu ketekunan dan juga kesabaran. Dengan ketekunan dari kita sendiri sangat berperan cukup besa dalam memahami dan mempelajari bagaimana memaksimalkan kinerja kita dalam menggunakan komputer. Ketekunan dapat membuat kita dalam beberapa bidang. Selain ketekunan yaitu kesabaran juga dapat dan diperlukan dalam proses awal untuk belajar komputer. Dari tingkat frustasi bisa saja muncul jika kita mengalami kesulitan dalam mencari dan menggunakan sesuatu yang ada pada sistem komputer.

4. Mulailah Belajar Shortcut Komputer.
Apa itu Shortcut Komputer? Shortcut komputer adalah jalan pintas yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah pada komputer. Kalau di desktop layar komputer Shortcut itu berupa Ikon (Icon). Sedangkan dalam suatu program shortcut biasanya berupa keboard shortcut. Dari tujuan penggunaan shortcut ini adalah untuk mempercepat pemberian perintah pada komputer kita. Kita tidak perlu banyak klik sana sini. Cukup menekan kombinasi tombol atau sedikit klik. Sehingga kita dapat memberikan perintah pada komputer dengan mengetahui shortcut dalam komputer maka kita akan jauh lebih cepat dalam memahami komputer. Dan dibawah ini ada beberapa contoh shortcut yang dapat kita pelajari sebagai belajar dasar komputer.
Tombol CTRL + A ( Berguna untuk Memblok seluruh Item 
Tombol CTRL + C ( Berguna untuk mengcopy atau menyalin item)
Tombol CTRL + X ( Berguna untuk meng-Cut atau memotong item)
Tombol CTRL + V ( Berguna untuk mempaste item)
Tombole CTRL + Z (Berguna untuk membatalkan sesuatu proses terakhir)
Tekan CTRL + S (Berguna untuk menyimpan data item)
Tombol Delet ( Berguna untuk menghapus item
Tombol Shift + Delet ( Berguna untuk menghapus item yang dipilih secara permanen, item yang terhapus tidak dibuang ke dalam Recyle Bin)
5. Memulai Membuat Dokumen Baru
Untuk langkah ke 5 ini adalah memulailah dengan membuat suatu dokumen baru yang merupakan langkah awal untuk memulai berkenalan dengan komputer. Dalam proses belajar mengetik, kita tidak usah panik karena kita masih belum terlalu cepat dalam mengetik dokumen melalui keyboard. Karena seiring dengan banyak belajar dan semakin banyak kebutuhan ilmu yang kita kuasi tentang komputer, maka kita lambat laun kecepatan mengetik kita akan semakin bertambah. Dan kita juga dapat mengasah keterampilan mengetik kita dengan mencoba software-software yag dirancang untuk melatih jari-jari kita agar lebih mudah dan lebih cepat dalam mengetik, adapun program software yang dapat kita gunakan adalah Typing Master, Maxtupe Lite, Tipp10 Typing tutor dan masih banyak software untuk belajar mengetik.

6. Terus Belatih dan Belaja mencoba sesuatu yang baru
Semakin kita banyak berlatih, maka kemampuan mengenal dasar komputer kita akan semakin terasah. Gunakanlah waktu senggang mungkin untuk belajar mengtaak atik komputer kesayangan kita. Gunakan fasilitas internet jika memiliki internet untuk membantu kita dalam proses belajar komputer, karena banyak sekali tips dan trik sekaligus ilmu-ilmu baru yang mungkin kita belum mngetahui melalui internet.

5 Dasar Belajar Komputer Atau Lapotp Untuk Pemula
5 Dasar Belajar Komputer Atau Lapotp Untuk Pemula 

Demikianlah ulasan ringlas belajar dasar komputer atau lapotp untuk pemula ini, dan semoga kita bisa memahami ilmu-ilmu dasar komputer lainnya, terutama yang berhubungan dengan kegiatan pembuatan dokumen pribadi. Sampai ketemu lagi dipembahasan ilmu dasar komputer lainnya.

loading...
Previous
Next Post »
0 Komentar