Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Melalui Pembelajaran Quantum Teaching

22.59
Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Melalui Pembelajaran Quantum Teaching--Berbagai macam suatu penelitian tindakan kelas yang di lakukan seorang guru merupakan kegiatan rencana panjang bagi guru yang bertugas sebagai tenaga pendidikan di sekolah/madrasah, Maka di sini kita dapat mengambil suatu pengertian dari PTK, baik pengertian secara umum ataupun pengertian secara sempit. Adapunya yang menjadi pengertian Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian yang praktis, yaitu untuk memperbaiki pembelajaran kegiatan yang di lakukan untuk memperbaiki dan tentunya meningkatkan mutu pembelajaran di dalam kelas.

Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Melalui Pembelajaran Quantum Teaching

Banyak yang mengemukakan tentang penelitian tindakan kelas oleh para ahli, bahwa pengertian tindakan kelas (PTK) berkembang dari istilah penelitian tindakan (Action research), oleh karena itu untuk memahami pengertian tentang PTK perlu di telusuri pengertian tindakan terlebih dahulu agar sesuatu yang di pelajari sesuai dengan bidangnya. Karena perkebangan seiring dengan perkembangan jaman, tentunya pengertian dari PTK ini memiliki perbedan-perbedaan yang mendasar sesuai bidang yang di terapkannya. 

Beranjak dari pengertian PTK, maka dari sinilah kita bisa mengarisbawahi apa itu PTK? PTK Menurut bahas kamus inggir yaitu disebut dengan Classroom Action Research yang terdiri dari tiga kata, antara laini Penelitian, tindakan, dan kelas. Untuk penelitian itu sendiri merupakan suatu kegiatan untuk mencermati suatu objek dengan menggunakan metedologi tertentu yang bertujuan untuk memperoleh data yang bermanfaat untuk meningkatkan mutu suatu hal yang sedang di proses.

Sedangkan untuk Tindakan adalah suatu tindakan yang sengaja dilakukan untuk mencapai tujuan tetentu agar suatu tujuan dari tindakan tersebut tidak mengarah kepada hal yang lain. Jadi untuk sementara itu bahwa penelitian tindakan  dapat kita definisikan sebagai studi sistematis dari upaya meningkatkan pratek pendidikan oleh kelompok partisipan dan cara tindakan praktis untuk mereka sendiri dan dengan cara reflekasi mereka sendiri terhadap pengaruh tindakan tersebut pendapat ini di kemukakan oleh (Hopkin dalam Emzir : 2008).

Jadi untuk tindakan kelas dalam konteks pendidikan, berati PTK merupakan tindakan untuk memperbaiki guru dalam mengorganisasi pembelajaran secara sistematik untuk memperoleh hail yang lebih baik. 

Dengan membuat suatu laporan penelitian tindakan kelas, yang di lakukan oleh guru tentunya memiliki sebuah manfaat dari hasil penelitian tindakan kelas. Maka kita bisa melihat yang di kemukaan oleh Fraenkel Dkk (2012 : 596), Mereka menyebutkan bahwa suatu manfaat dari Penelitian Tindakan Kelas, sekurang-kurangnya ada Lima yang memberikan manfaat yaitu : 
  1. PTK dapat dilakukan oleh hampir semua ahli/guru di sekolah/madrasah, semua level, guru kelas baik secara individu maupun secara kelompok ataupun pimpinan sekolah(kepala sekolah)
  2. Dengan PTK dapat memperbaiki pratik pendidikan: membantuk praktisi pendidikan (guru, pimpinan sekolah) dalam meningkatkan kompetensi terhadap apa yang mereka lakukan sendiri.
  3. Dengan PTK membantu guru mengidentifikasi masalah-masalah dan isu-isu secara sistematis
  4. PTK memberi ruang kepada guru atau praktisi lain untuk mengadakan penelitian mereka sendiri, sehingga dapat mengembangkan cara-cara yang lebih efektif untuk mempraktikkan keahlian-keahlian mereka sendiri
  5. PTK dapat membantu sebuah komunikasi yang berorentasi penelitian ilmiah di dalam lingkungan sekolah ataupu kelas itu sendiri.
Dari kelima pendapat yang di kemukakan oleh tokoh, tentunya suatu penelitian tindakan kelas bagi seorang guru memberikan manfaat cukub besar. Sehingga dengan adanya PTK bagi seorang guru dapat melakukan pembelajaran di dalam kelas agar lebih baik lagi.

Untuk memberikan kemudahan bagi guru yang akan melakuakan pelaporan penelitian tindakan kelas, berikut admin sediakan contoh penelitian tindakan kelas untuk sekolah/madrasah SD/MI. Dimana file yang admin share ini merupakan contoh-contoh PTK yang hasil dapat penelusuran dari google yang memang sekarang-sekarang banyak yang mencari contoh PTK,

Adapun file contoh PTK ini berbentuk Word dan Pdf yang bisa digunakan sebagai referensi penyusunan PTK sesuai dengan Matapelajaran tersbut. Namun contoh PTK disini adalah contoh PTK dari mata pelajaran IPS dan Mata pelajaran IPA serta Contoh Cara penyusunan PTK secara lengkap.

Download contoh PTK

loading...
Previous
Next Post »
0 Komentar